Wikipedia

Hasil penelusuran

Minggu, 31 Maret 2013

iOS 6.1.3 Bawa Masalah Baru

KOMPAS.com - Sistem operasi iOS 6.1.3 yang dirilis Apple minggu lalu bertujuan memperbaiki bug password pada iPhone. Namun, dalam prosesnya, update ini dikabarkan malah menimbulkan sejumlah masalah baru.

Mengutip Gotta Be Mobile, Cnet mengatakan bahwa beberapa penguna iPad dan iPhone yang mengunduh iOS 6.1.3 melaporkan masalah daya tahan baterai yang menurun. Masalah ini tetap ada walaupun pengguna tengah mengambil langkah-langkah seperti mematikan notifikasi dan me-reset perangkat.

Masalah daya tahan baterai yang menurun kerap terjadi pada update iOS, misalnya pada iOS 5.0 yang memaksa Apple merilis sejumlah update lanjutan untuk mengatasi problem itu.

Masalah lain yang dilaporkan turut menghinggapi iOS 6.1.3 adalah fitur WiFi yang tidak berfungsi. Beberapa pengguna yang meng-update ke iOS 6.1.3 mengatakan bahwa koneksi WiFi pada perangkatnya tidak bisa diaktifkan. Problem yang satu ini sebenarnya sudah ada sejak iOS versi 6.0.

Satu problem lagi yang agaknya belum selesai adalah penurunan daya tahan baterai ketika perangkat terkoneksi ke server Microsoft Exchange. Masalah yang satu ini seharusnya sudah diselesaikan dalam update iOS 6.1.2, tapi beberapa pengguna masih melaporkan keberadaannya di iOS 6.1.3.

Rabu, 27 Maret 2013

Teror aplikasi mata-mata robot hijau

Seiring popularitasnya yang semakin menjulang, tak bisa dipungkiri jika Android menjadi sasaran empuk para penjahat cyber. Di sisi lain, ranah perangkat genggam pun kian dilirik untuk aktivitas mata-mata.

Dalam laporannya, perusahaan keamanan Kaspersky mamaparkan bahwa malware yang mengeksploitasi Android dengan melakukan serangan drive-by tidak terlalu terendus. Hal ini tentu sebagai hal positif.

Namun di sisi lain, banyak pengguna mencari aplikasi Android dari sumber yang mencurigakan dan tidak mengambil tindakan pencegahan ketika meluncurkan program yang tidak diketahui. Padahal semua ini memudahkan penjahat cyber untuk menginfeksi perangkat.

Tren ini didukung oleh distribusi terus menerus aplikasi berbahaya di Google Play. Tren keamanan mobile ini diamati oleh Denis Maslennikov, Analis Malware Senior Kaspersky Lab, dalam laporan Mobile Malware Evolution terbaru yang dirilis di Securelist.com.

"Prediksi Kaspersky Lab terkait mobile pada 2012 terbukti akurat: penjahat cyber terbukti memfokuskan perhatian pada platform Android yang populer dan jumlah ancaman untuk Android terus naik dengan pesat," kata Kaspersky, dalam keterangannya, Kamis (28/3/2013).

Pada Januari 2012, Kaspersky Lab memiliki kurang dari 6 ribu sampel malware unik untuk Android dalam databasenya. Namun pada akhir tahun 2012 terdapat lebih dari 43 ribu program berbahaya yang tercatat.

"Lebih dari 99% ancaman baru yang ditemukan pada 2012 menargetkan smartphone dan tablet berbasis Android. Sementara ancaman yang menargetkan perangkat berbasis Symbian dan Blackberry atau perangkat yang mendukung versi mobile Java kurang dari 1%," lanjutnya.

Menurut Kaspersky, ancaman terbesar Android dapat dibagi menjadi tiga kelompok besar. Yakni SMS Trojan -- yang mencuri uang dengan mengirimkan SMS -- adware dan eksploitasi untuk mendapat root access yang memberi akses penuh ke perangkat dan data yang tersimpan di dalamnya.

Ada pula mobile botnet baru dengan nama Foncy yang memungkinkan penjahat cyber mengontrol perangkat mobile. Tersangka penulis botnet ini telah ditangkap oleh polisi Prancis. Para pelaku kemungkinan berhasil meraup EUR 100.000 atau sekitar Rp 1,2 miliar dari para korban.

Berburu dari Akun Bank

Meski jumlah app berbahaya baru untuk smartphone berbasis Symbian dan Blackberry lebih sedikit, beberapa app yang ada diketahui hanya menyasar akun bank korbannya.

Pada tahun lalu pakar Kaspersky Lab mencatat adanya versi baru Trojan seperti Zeus-in-the-Mobile dan SpyEye-in-the-Mobile yang menggabungkan kekuatan dengan aplikasi berbahaya pada desktop untuk mendapatkan akun bank pengguna.

Mobile malware di sini digunakan untuk mencuri pesan otorisasi dari bank, atau kode mTAN, yang dibutuhkan untuk melakukan transaksi.

Malware seperti ini juga menyembunyikan pesan dari bank sehingga pengguna tidak menerima pesan tersebut. Pengguna baru akan menyadari adanya ketidakberesan ketika mengecek saldo bank mereka.

Aktivitas Mata-mata

Kaspersky melanjutkan, perangkat mobile sekarang pun menjadi obyek serangan dan kegiatan mata-mata cyber seperti halnya desktop. Salah satu contoh malware ini adalah modul bernama FinSpy, yang dikembangkan oleh perusahaan Inggris, Gamma International, untuk aktivitas kontroversial yang disebut 'pengawasan legal'.

Kasus lainnya adalah kegiatan mata-mata Red October yang menyebar luas yang ditemukan oleh Kaspersky Lab. Beberapa modul yang digunakan oleh pelaku didesain khusus untuk mencuri data dari ponsel biasa dan smartphone seperti iPhone, BlackBerry dan Nokia.

Lebih jauh lagi, ada bukti (nama domain, kunci registrasi, dan lain-lain) yang menunjukan adanya modul Red October yang menarget perangkat mobile lain termasuk Android dan Blackberry.

Denis Maslennikov, Analis Malware Senior Kaspersky Lab, mengatakan bahwa penjahat cyber benar-benar serius menggarap ranah mobile karena perangkat ini berisi data yang lebih pribadi yang dahulu disimpan di PC.

"Pada tahun 2012 kami mencatat ribuan program jahat baru dengan tujuan mencuri informasi, mengambil uang dari akun mobile dan rekening bank dan memata-matai pengguna. Sayangnya, platform Android telah menjadi lingkungan yang cukup berbahaya dan sangat membutuhkan perlindungan," jelasnya.

"Prediksi untuk bisnis juga agak suram. Kegiatan mata-mata cyber tertarget dengan perhatian khusus pada data mobile, serta masalah karyawan yang menggunakan perangkat sendiri untuk mengakses data perusahaan. Semuanya menunjukkan perlunya perusahaan memiliki sistem Mobile Device Management yang efisien," Denis menandaskan.

Baca juga:
-. 5 Virus Mata-mata yang Dituding Berasal dari AS.
-. Mengenal Anonymous, Grup Hacker Paling Berpengaruh di Dunia.
-. Spionase Cyber Hingga 'Si Gila' Madware.
Detik.com

Selasa, 26 Maret 2013

10 aplikasi yang tidak ada di android

KOMPAS.com — Hingga saat ini, masih banyak aplikasi populer yang dibuat secara eksklusif untuk iPhone dan tidak tersedia di platform populer lain, Android.

Sebagai contoh, Twitter telah meluncurkan sebuah aplikasi bernama Vine, khusus untuk perangkat iPhone. Aplikasi ini mengizinkan para penggunanya untuk membuat potongan-potongan video selama 6 detik. Hingga saat ini pun, Twitter masih belum mengumumkan kapan aplikasi tersebut hadir di platform lain.

Selain aplikasi Vine, tentunya masih banyak aplikasi lain yang hadir secara eksklusif untuk iPhone. Apa saja?

Berikut 10 aplikasi eksklusif iPhone terbaik, seperti dikutip dari Business Insider.

1. Clear. Aplikasi ini mengizinkan pengguna untuk membuat daftar pekerjaan (to do list). Dengan aplikasi ini, pengguna dapat memisahkan to do list untuk urusan pekerjaan di kantor dan juga kehidupan pribadi. Harga: 1,99 dollar AS.

2. Fantastical. Ini merupakan aplikasi kalender yang mampu menyimpan semua jadwal pengguna. Sistem aplikasi tersebut pun dapat menyinkronisasi data dari aplikasi kalender built-in di iOS. Lantas, apa yang membedakan antara kedua aplikasi ini? Ternyata, Fantastical memiliki desain antarmuka yang lebih cantik dibandingkan aplikasi kalender built-in milik Apple. Harga: 4,99 dollar AS.

3. Tweetbot. Ini merupakan salah satu aplikasi client Twitter terbaik hingga saat ini. Pengguna dapat melakukan berbagai kustomisasi di aplikasi yang satu ini. Tweetbot saat ini juga sudah mendukung Vine dan preview foto dari Flickr. Harga: 2,99 dollar AS.

4. Tinder. Ini adalah aplikasi pencarian jodoh berbasiskan lokasi. Pengguna dapat memberi rating foto pengguna lain yang berada di lokasi yang berdekatan. Apabila sesama pengguna memberikan rating yang baik, keduanya bisa saling mengirimkan pesan. Harga: Gratis.

5. Infinity Blade. Game RPG dengan kualitas gambar yang sangat baik untuk ukuran produk smartphone dan tablet. Hingga saat ini, sang pembuat game, Epic Games, tidak berencana untuk menghadirkan game ini di platform lain. Harga: 2,99 dollar AS.

6. Mailbox. Produk ini merupakan salah satu aplikasi pengelola e-mail terbaik untuk akun Gmail di iPhone. Harga: Gratis.

7. Prismatic. Aplikasi ini akan mempelajari pola artikel berita yang gemar dibaca oleh para penggunanya. Hasilnya, aplikasi ini mampu menampilkan berita-berita yang kemungkinan besar akan diminati oleh si pengguna. Harga: Gratis.

8. Vine. Aplikasi ini mengizinkan penggunanya untuk bercerita melalui video hanya dalam waktu 6 detik saja. Harga: Gratis.

9. Cinemagram. Aplikasi ini mengizinkan pengguna untuk membuat video dengan durasi 4 detik. Selain itu, pengguna juga dapat menambahkan filter, memasukkan animasi, dan membagikan hasilnya di Twitter, Tumblr, dan Facebook. Harga: Gratis.

10. CardMunch. Aplikasi ini akan memindai kartu nama (dengan memanfaatkan kamera perangkat), kemudian mengonversi datanya ke dalam kontak. Harga: Gratis.

Internet Smartfren Putus, Telkom Speedy Juga




JAKARTA, KOMPAS.com - Dua perusahaan telekomunikasi, yakni Telkom dan Smartfren, beberapa hari lalu mengalami gangguan pada layanan internet, karena kabel serat optik bawah laut yang terputus. Agar layanan tak terganggu, kedua perusahaan menggunakan rute telekomunikasi alternatif.

Telkom belum mengetahui penyebab pasti putusnya kabel itu. Namun, pihak Telkom memperkirakan kabel bawah laut yang putus itu disebabkan karena tertimpa jangkar kapal.

Head of Corporate Communications & Affair Telkom Slamet Riyadi, menjelaskan, yang terputus adalah kabel Jasuka (jaringan fiber Telkom) ruas Batam-Pontianak dan ruas Batam-Bangka.

"Kabel itu sudah berhasil di-recovery hari ini, tanggal 26 Maret," ujar Slamet saat dihubungi KompasTekno. Ia menjelaskan, perbaikan kabel bawah laut memakan waktu beberapa hari, karena perusahaan harus menyewa kapal khusus.

Bukan hanya itu, kabel Jasuka Telkom juga ada yang putus di ruas Jakarta-Tanjung Pandan. Perusahaan "pelat merah" ini menjanjikan perbaikan akan selesai pada akhir Maret 2013.

Memakai rute alternatif

Slamet mengakui, layanan internet Speedy sempat terganggu atas perisitiwa tersebut. "Speedy terganggu, terutama untuk mengakses website luar negeri. Mungkin ada beberapa pelanggan yang tidak merasa, putusnya hanya beberapa saat," jelas Slamet.

Telkom memakai rute jaringan alternatif agar layanan internet tak terganggu, salah satunya lewat jalur darat trans Sumatera yang terdiri atas dua jalur. Telkom juga masih memiliki jalur alternatif agar terhubung ke Singapura dan beberapa negara lain.

Nah, begitu jalur alternatif sudah terhubung, Slamet mengklaim layanan internet sudah berjalan seperti biasa.

Putus massal kabel serat optik, internet Smartfren juga mati

Selain Telkom, perusahaan telekomunikasi Smartfren juga mengalami hal serupa. Sistem kabel bawah laut yang digunakan Smartfren terputus di antara Pulau Bangka dan Batam, karena terkena jangkar kapal pada 15 Maret 2013.

Operator seluler CDMA ini memakai alternatif jalur darat trans Sumatera, di bagian barat dan timur. Keeseokan harinya, jalur barat trans Sumatera terputus akibat longsor di sekitar Palembang. Esok lusanya, tepatnya 17 Maret 2013, giliran jalur timur yang terputus.

"Rute utama mati, lalu kita pakai rute cadangan. Tapi sialnya, rute cadangan juga putus. Jadi, jaringan internet hanya berjalan dengan kapasitas 10 sampai 20 persen," kata Chief Technology Officer Smartfren Merza Fachyz.

Pada 18 Maret, Smartfren mengambil langkah untuk menyewa jaringan kabel bawah laut dari Matrix Submarine untuk menambah kapasitas internet. Tetapi pada 23 Maret 2013, kabel serat optik Matrix Submarine juga terputus.

Mau tak mau Smartfren harus menyewa jaringan lagi dari pihak ketiga lainnya agar kapasitas bisa seperti kondisi normal.

Mencari penyebab pasti

Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika, Gatot S Dewa Broto mengatakan, pihaknya masih menanti kabar penyebab pasti gangguan internet kedua perusahaan telekomunikasi itu.

Jika kesalahan muncul dari pihak operator telekomunikasi, maka yang bersangkutan wajib bertanggung jawan dan memberi ganti rugi kepada pelanggan. "Mengacu pada Undang-undang Telekomunikasi, kualitas layanan telekomunikasi yang buruk bisa menimbulkan kerugian di masyarakat," tegas Gatot.

Tapi jika ujung pangkal masalahnya bukan berasal dari operator telekomunikasi, maka operator telekomunikasi tidak diharuskan memberi ganti rugi.


Fitur PES 2014

Pro Evolution Soccer (PES) 2014 sedang digarap Konami khusus untuk konsol generasi terbaru, baik itu PlayStation 4 atau Xbox 720. Sejumlah fitur baru pun disematkan di dalamnya.

Karena hadir untuk generasi baru konsol game yang lebih canggih, sudah pasti ada beberapa penyempurnaan PES 2014 dibanding seri sebelumnya, terutama dari sektor grafis yang konon meningkat tajam.

PES 2014 nanti akan menggunakan engine game baru bernama Fox Engine, engine buatan Hideo Kojima yang dipakai juga untuk Metal Gear Solid Ground Zeroes. Selain itu ada juga teknologi physics yang membuat gerakan setiap pemainnya terlihat alami.

Nah, di luar itu, ternyata masih ada beberapa perubahan lain yang berhasil diungkap majalah game Edge:

* Barycentre physics, ini adalah fitur yang memungkinkan gerak pemain terlihat lebih lincah. Tak hanya itu, bentuk tubuh tiap-tiap pemain pun diklaim akan tampil beda.

* Ada juga fitur collision, yakni efek tabrakan antar pemain saat menggiring bola. Dampaknya pun bisa berbeda-beda, tergantung bagian tubuh mana yang saling berbenturan. Efek ini juga sudah dipakai FIFA di beberapa versi lalu.

* Photo realism, ini adalah salah satu ungkapan untuk menggambarkan bagaimana tingkat grafis PES 2014 nanti. Ya, PES 2014 fokus pada kualitas grafis yang luar biasa.

* Bagian kaus dibuat berbeda dengan model tubuh. Artinya, kaos pemain bisa saja robek atau mulur saat ditarik oleh pemain lain. Seperti sungguhan bukan?

* Radius mengendalikan bola tiga kali lebih besar dari seri sebelumnya.

Sejauh ini hanya fitur tersebut yang berhasil dibocorkan, selain dari grafis konon masih banyak perubahan lain dari sisi gameplay. PES 2014 diperkirakan meluncur akhir 2013 mendatang.


Minggu, 24 Maret 2013

Pengguna Apple paling puas sedunia




KOMPAS.com — Smartphone buatan produsen apakah yang paling membuat puas penggunanya? Menurut lembaga riset konsumen J.D Power & Associates, jawabannya adalah Apple berkat produk iPhone.

Hal tersebut diungkapkan dalam laporan semi tahunan J.D Power & Associates yang dipublikasikan pada Kamis (21/3/2013) lalu. Ini merupakan yang kesembilan secara berturut-turut, Apple iPhone meraih posisi pertama sebagai smartphone yang paling memuaskan di mata pengguna.

J.D Power & Associates meneliti kepuasan pengguna berdasarkan aspek performa, desain fisik, fitur, dan kemudahan dalam memakai. Hasil penilaian disajikan dalam skala tertinggi 1.000 poin, dengan Apple mencetak skor 855.

Nilai tertinggi Apple ada di kategori desain dan kemudahan pakai produknya.

Urutan kedua ditempati Nokia yang mencetak angka 796. Selanjutnya, secara berurutan, ada Samsung, Motorola, HTC, LG, dan BlackBerry.

Lembaga itu mencatat bahwa skor rata-rata tingkat kepuasan konsumen terhadap para produsen ini mengalami peningkatan sejak penelitian sebelumnya pada akhir 2012.

Lalu, bagaimana dengan ponsel tradisional (non-smartphone)? Menurut J.D Power & Associates, produsen ponsel tradisional yang paling memuaskan pengguna adalah LG, disusul oleh Nokia, Sanyo, dan Samsung.






Rabu, 20 Maret 2013

Havox bikin game lebih nyata

Havox sebagai nama besar dalam teknologi perhitungan Physic baru-baru ini mengungkap generasi terbaru physic-engine garapannya.

Dengan menghadirkan kinerja yang disebut Havox, physic-engine terbaru besutannya diklaim mampu menghadirkan utilisasi memory lebih baik. Produk baru ini juga disebut-sebut sebagai 'lompatan besar' dalam teknologi simulasi fisika yang diaplikasikan dalam game.

Salah satu pengembang game yang dikabarkan siap mengadopsi teknologi physic-engine terbaru Havox adalah 2K. Melalui Laurent Gorga selaku Direktur Teknis 2K, pengembang game asal Republik Ceko itu menjelaskan bahwa pengaplikasian physic-engine terbaru Havox pada game garapannya kelak bakal menghadirkan lingkungan interaktif dengan detail tinggi.

"Dalam 2K, kami menginginkan solusi physic-engine yang mampu menghadirkan skala efisiensi terbaik dan juga mampu menghadirkan lingkungan interaktif dengan detail tinggi," ucap Gorga seperti dikutip oleh detikINET dari Tomshardware, Kamis (14/3/2013).

"Dengan menggunakan physic-engine terbaru Havox, kami berhasil memenuhi semua kebutuhan tersebut melalui utilisasi optimal yang mampu ditawarkan physic-engine terbaru Havox," lanjutnya.

Havox merupakan teknologi physic-engine yang biasa disematkan pada game. Dengan aplikasi physic-engine tersebut, sebuah game bakal mampu menghadirkan pergerakan lingkungan yang natural dan realistis, seperti misalnya kibaran bendera yang tampil natural, hingga pentalan benda akibat ledakan.

Physic-engine generasi terbaru tersebut nantinya mengincar pengaplikasian pada konsol game generasi terbaru, smartphone, dan juga komputer. Berbeda dengan Physx besutan Nvidia yang mengandalkan hardware dalam mengolah perhitungan fisika, Havox lebih mengandalkan software garapannya untuk mengkalkulasi pengolahan simulasi fisika.

Minggu, 17 Maret 2013

China Lakukan 330 Juta Aborsi Sejak 1971

BEIJING, KOMPAS.com - Hampir 330 juta aborsi dilakukan di China selama 40 tahun sejak pertama kali menerapkan langkah-langkah untuk membatasi pertumbuhan penduduk di negara terpadat di dunia itu, demikian menurut data resmi.

China telah mengumumkan perubahan struktural sistem keluarga berencananya yang mengawasi kebijakan satu anak yang kontroversial dalam pertemuan tahunan badan legislatif nasional di Beijing.

Data yang di-posting di situs kementerian kesehatan awal tahun ini menunjukkan, dari tahun 1971, tak lama sebelum China mulai mendorong orang untuk memiliki anak lebih sedikit, hingga tahun 2010, total terjadi 328.900.000 aborsi di negara berpenduduk 1,35 miliar itu.

China mengatakan, kebijakan satu anaknya yang diperkenalkan pada awal 1980-an telah mencegah kelebihan populasi dan mendorong pembangunan ekonomi. Kebijakan itu mengecualikan beberapa keluarga pedesaan, minoritas etnis dan pasangan yang sama-sama anak tunggal.

Namun desakan telah meningkat, agar pembatasan itu dihapus karena angkatan kerja jadi menyusut dan jumlah lansia yang membengkak. Kelompok hak asasi manusia mengkritik apa yang mereka nilai sebagai metode penegakan keras.

Berdasarkan kebijakan itu, keluarga perkotaan umumnya diperbolehkan hanya punya satu anak, sementara keluarga pedesaan dapat memiliki anak kedua jika yang pertama seorang perempuan. Mereka yang melanggar aturan itu harus membayar denda.

Minggu lalu, pemerintah mengumumkan penggabungan Komisi Kependudukan Nasional dan Keluarga Berencana, yang mengawasi kebijakan itu, dengan Departemen Kesehatan. Hal itu, menurut laporan kanto berita Xinhua, dimaksudkan untuk memperbaiki, bukan untuk meninggalkan, kebijakan satu anak.

Sabtu, 16 Maret 2013

Pencurian data lewat android oleh China

Melalui laporan yang dirilis oleh Data Center of China Internet (DDCI) diketahui bahwa hampir 35 persen aplikasi Android di China dicurigai mencuri data penggunanya.
Lebih jauh lagi institut riset di China tersebut juga menjelaskan dari 1400 aplikasi Android yang beredar di China, 66,9 persennya memiliki potensi melakukan pencurian data pengguna.

Dikabarkan hal tersebut terjadi lantaran di negeri tirai bambu ini kebanyakan aplikasi Android bukan didownload dari layanan aplikasi resmi Play Store besutan Google, melainkan dari layanan aplikasi yang biasanya ditawarkan oleh masing-masing produsen ponsel Android.

Namun bukannya Google berdiam diri menanggapi kemungkinan tersebut, karena dikabarkan aturan di China lah yang justru cenderung menghalangi Google untuk mengambil sikap. Google dianggap memiliki kontrol berlebih terhadap industri ponsel di China melalui sistem operasi Android garapannya.

Dikutip oleh detikINET dari Techcrunch, Sabtu (16/3/2013), akibat aturan tersebut, selain akhirnya Google tidak dapat berbuat banyak, sistem operasi Android yang digunakan oleh produsen ponsel di China juga dikabarkan mengalami modifikasi berat di luar standar Google. Sampai-sampai, layanan Play Store juga dihilangkan dan digantikan oleh layanan aplikasi milik masing-masing produsen ponsel Cina.

Hal tersebut diduga terkait dengan kebijakan pemerintah China yang ingin industrinya mengembangkan sendiri sistem operasinya. Sistem operasi yang sejatinya merupakan hasil modifikasi berat sistem operasi Android populer dengan sebutan Chinadroid.

Jumat, 15 Maret 2013

Tidur siang itu penting



KOMPAS.com - Di Amerika Serikat, setiap tanggal 11 Maret diperingati sebagai Hari Tidur Siang Nasional (National Napping Day). Meski bukan hari raya resmi, hari ini jadi penting untuk mengingatkan kita pentingnya tidur siang bagi kesehatan dan performa kita sehari-hari. Seperti semua orang sadari, masyarakat kita adalah masyarakat yang mengantuk. Ya, ini terbukti dari banyaknya produk yang mengklaim mampu memberikan kebugaran agar tak mengganggu produktivitas.

Tapi benarkah demikian?Tidak, tak ada satu zat pun di dunia yang dapat menggantikan efek restoratif tidur. Semua bahan stimulan termasuk kafein dan nikotin hanyalah penunda kantuk. Zat-zat tersebut tidak memperbaiki atau pun mengembalikan kemampuan otak yang sudah lelah. Walau saat-saat tertentu kita membutuhkan stimulan, tapi kita harus bijak mengonsumsinya. Karena hanya tidurlah vitamin otak yang sesungguhnya.

Secara umum tidur amat penting bagi kehidupan kita. Para ahli telah tahu bagaimana tidur yang sehat dapat melindungi diri dari berbagai penyakit berbahaya seperti jantung-pembuluh darah, diabetes dan kegemukan (obesitas). Tidur yang sehat juga ternyata menopang kemampuan otak kita. Sementara tidur siang, memiliki manfaatnya sendiri.

Para ahli dari NASA telah menemukan bahwa tidur siang 40 menit dapat mengembalikan kewaspadaan pilot, dibandingkan dengan mereka yang terus bekerja tanpa istirahat. Sementara penelitian lain dari Harvard, tunjukkan bahwa tidur 20 menit di siang hari sudah dapat meningkatkan kewaspadaan pekerja shift.

Tidur siang sejenak juga dapat meringankan beban psikologis di tengah pekerjaan. Stres dapat diringankan dengan tidur siang sejenak, sehingga kita dapat bangun dengan senyum yang lebih lebar. National Sleep Foundation, mengusulkan bahwa rutinitas tidur siang dijadikan semacam liburuan mini bagi para pekerja. Jika Anda tak bisa tidur, tak perlu khawatir. Sekedar menyempatkan diri untuk berdiam dan bersantai saja sudah mengurangi beban.

Setelah tidur siang sejenak, bukan saja stres yang berkurang, semangat pun jadi bertambah. Coba saja perhatikan anak-anak balita, bangun tidur siang mereka selalu dalam keadaan positif dan bersemangat. Sebaliknya jika mengantuk di siang hari, mereka cenderung lebih rewel.

Bagi Anda yang bekerja di bidang kreatif, tidur siang sejenak bisa menjadi sumber inspirasi. Mimpi dikatakan menjadi tahap tidur yang kreatif. Seorang Mary Shelley menciptakan novel Frankeninstein berdasarkan mimpinya. Ya, karena kreativitas pun dibangun saat tidur! Para ahli telah menemukan bahwa pada saat tidur terjadi aktivitas pada belahan otak kiri, ini adalah bagian otak yang dipercaya meningkatkan kreativitas seseorang. Sementara penelitian lain menunjukkan semakin lama seseorang di dalam tahap tidur REM (rapid eye movements) saat tidur seiang, semakin baik performa kerja dan kemampuannya untuk memecahkan masalah.

Pola tidur siang dan malam memang berbeda. Satu siklus tidur ringan-sedang-dalam dan mimpi baru akan tercapai setelah 120 menit di malam hari. Sedangkan di siang hari cuma butuh 20 menit. Itu sebabnya tidur siang disarankan hanya 20 menit saja pada orang dewasa.

Tahap tidur mimpi dipercaya sebagai tahap tidur yang bertanggung jawab mengembangkan kemampuan kognitif seseorang. Daya ingat, ketelitian dan kemampuan mengambil keputusan seolah di segarkan setelah tidur yang cukup. Termasuk 20 menit tidur siang. Kelelahan dan kantuk membuat seseorang jadi tak teliti, ceroboh, pelupa dan sering membuat kesalahan yang konyol. Otak yang sudah lelah membutuhkan energi tambahan. Tidur siang sejenak menjadi semacam recharge tenaga, konsentrasi dan semangat yang dibutuhkan seorang pekerja keras.

Tidur siang sejenak terbukti malah meningkatkan produktivitas. Bayangkan jika seseorang harus terus bekerja dalam kondisi otak yang lelah, tentu hasil akhir tak akan sebaik yang bugar. Tidur siang sejenak bukanlah kemalasan, justru sebaliknya menambah performa. Ini sebabnya tidur siang sejenak di tengah pekerjaan di sebut power nap.

Tidur siang disarankan dilakukan di sela jam istirahat makan siang. Sekedar menurunkan sandaran kursi atau bahkan menggelar alas di bawah meja kerja dapat menjadikan tempat istirahat yang nyaman. Musik lembut di dalam telpon genggam dan masker penutup mata bisa membantu tidur siang.

Tidur siang di sarankan cukup 20 menit. Kecuali memang di rumah dan mempunyai waktu lebih, boleh dilakukan sepuasnya. Pada usia dewasa muda dan remaja, tidur siang bisa mencapai 2-3 jam. Sementara usia yang lebih matang hanya mampu tidur siang 20-30 menit saja.

Power nap ditujukan untuk meningkatkan produktivitas, bukan untuk membayar utang tidur. Jika ada rekan kerja yang terus mengantuk dan membutuhkan berulang kali tidur siang atau untuk mengatasinya ia harus berulang kali konsumsi kafein, ini bukan tanda yang sehat. Ada beberapa penyakit tidur yang menyebabkan seseorang mengalami hipersomnia, kantuk berlebihan walau durasi tidur sudah cukup. Kondisi ini tak normal dan harus diperiksakan ke dokter ahli.

Membunuh rindu yang overdosis

Salah satu wujud cinta sejati adalah rindu. Tapi rindu akan terpuaskan jika anda rindu pada objek yang tepat.

Rindu itu bisa subjektif atau sepihak. Anda merindukan teman atau pacar, ehh dia tidak. Kita merindukan anak, eh dia biasa saja. Kita merindukan orangtua, Ortu malah tidak mencari kita.

Rindu yang terpuaskan adalah saat keduanya saling butuh dan merindukan. Kehadiran seseorang yang kita rindukan memberi sukacita tersendiri. Komunikasipun nyambung dan membangun.

Namun bagaimana jika seseorang yang kita rindukan tidak merindukan kita?.

Belajarlah mematikan atau setidaknya mengalihkan emosi rindu tadi. Sebab kalau tidak anda bisa kecewa. Adalah sakit jika tidak mendapat respon yang sesuai harapan. Ada perasaan tertolak, yang rasanya bisa tajam menusuk ke dalam jiwa.

Merindukan seseorang juga perlu atur waktu. Jika anda rindu pacar siang dan malam sampai lupa waktu hingga obsesif memikirkan si dia, maka anda bermasalah. Rindu berlebihan bukanlah wujud cinta yang benar. Bisa jadi, anda terlalu mencintai diri sehingga membutuhkan perhatian pacar Anda. Ini tidak sehat dan mengganggu.

Bagaimana mengalihkan rasa rindu?

Satu, berpikirlah positif dan menyadari bahwa anak, teman atau pasangan Anda mungkin lagi sibuk sehingga belum sempat berkomunikasi

Dua, alihkan rasa rindu dengan kegiatan dan kesibukan lain. Khususnya di waktu senggang belajar menikmati hobi

Tiga, miliki beberapa sahabat baik yang membangun dan menjadi tempat anda curhat atau berdiskusi

Empat, kirimlah sesuatu yang baik dan dibutuhkan orang yang anda butuhkan. Bisa berupa cerita, makanan atau sesuatu yang menyalurkan rasa sayang Anda.

Lima, kalau objek rindu anda adalah pacar dan dia menunjukkan tidak lagi sayang atau merindukanmu, maka bersiaplah “mematikan” rasa rindumu. Secara bertahap usahakan mencari seseorang untuk anda cintai. Sebab cinta sejati tak bertepuk sebelah tangan.

Enam, jika orangtua atau sebaliknya anakmu sedang tidak menunjukkan rasa kangennya belajarlah “cuek”. Jangan terlalu dipikirkan. Jalani kehidupan dan aktivitas sesehari. Anda bisa mengadakan waktu dan suasana khusus untuk bisa melepas rindu. Misalnya buat liburan bersama, acara HUT atau reuni keluarga besar.

Tujuh, Salurkan kerinduanmu kepada Tuhan dalam doa. Baca firmanNya dan nikmati hubungan pribadi yang karib. Maka hatimu akan lega.

Akhirnya, jangan paksakan perasaan rindu. Memaksakan rasa rindu hanya menyusahkan dirimu sendiri. Rindu itu energi positif, jangan dihamburkan dengan sia-sia. Tunjukkan itu kepada orang yang tepat, pada waktu dan situasi yang tepat.

Semoga mencerahkan



Saat Cinta Berubah Menjadi Benci



Cemburu dan rasa dikhianati karena merasa diselingkuhi membuat BS (36) gelap mata. Ia pun tega menyiksa, membunuh, dan memotong-motong jasad perempuan yang pernah ia cintai, DS (32). Cinta yang dibina bertahun-tahun pun runtuh menjadi benci dan memicu amarah yang membara.

Cinta yang berubah jadi benci hingga tega bertindak keji di luar kemanusiaan bukan hanya dilakukan BS, melainkan juga pelaku mutilasi lain seperti Very Idham Henyansyah alias Ryan yang kasusnya terungkap pada 2008. Pria ini tega membunuh sedikitnya 10 orang, beberapa di antaranya dimutilasi dan punya hubungan asmara dengannya.

Cinta, cemburu, marah, dan benci, apa pun orientasi seksualnya, merupakan perilaku yang dihasilkan otak sosial manusia. Otak sosial ini merupakan kombinasi dari kemampuan pikir atau logika yang berpusat di korteks (lapisan terluar) otak serta pengelolaan emosi yang berpusat di sistem limbik.

Munculnya cinta di otak jauh lebih kompleks dibanding perasaan yang lain karena melibatkan lebih banyak komponen otak, hormon, dan zat kimia otak (neurotransmitter).

Helen Fisher penulis The Drive to Love: The Neural Mechanism for Mate Selection dalam buku The New Psychology of Love, 2008, menyebut cinta muncul dalam tiga tahapan berbeda di otak, mulai dari dorongan seksual, ketertarikan, dan keterikatan. Setiap tahapan melibatkan hormon, neurotransmitter, dan bagian otak berbeda.

Keterikatan mendorong otak memproduksi hormon oksitosin. Hormon ini membawa rasa keterikatan di antara dua orang yang saling mencinta hingga lahir rasa senang dan bahagia. Saat cinta berkurang dan muncul benci, produksi oksitosin berkurang.

”Otak tak dapat ditipu dengan cinta pura-pura,” kata Sekretaris Jenderal Masyarakat Neurosains Indonesia (INS) yang juga dosen Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi, Taufiq Pasiak, Sabtu (9/3).

Rasa peduli yang ditunjukkan seseorang kepada pasangan karena barang-barang mahal yang diberikan, tak bisa merangsang otak memproduksi oksitosin.

Cemburu, menurut Christine R Harris dalam The Evolution of Jealously pada American Scientist Volume 92 Nomor 1, 2004, adalah emosi negatif yang muncul saat hubungan seseorang dengan orang lain yang spesial terancam oleh adanya pesaing lain. Cemburu menjadi penyebab kematian terbesar ketiga di luar kecelakaan.

Meski cemburu adalah emosi bawaan, ekspresi pada setiap orang berbeda sesuai dengan kemampuan sosial kognitif dan tumbuh kembangnya. Inilah yang membuat cemburu yang tidak wajar (morbid jealousy) tidak membedakan jenis kelamin yang merasakan.

Menurut Taufiq, cinta tidak bisa berubah seketika menjadi benci. Untuk muncul benci, harus ada stimulus berkelanjutan yang mengikis rasa cinta.

Benci dapat muncul karena cemburu, amarah, atau bosan. Cemburu merupakan basis munculnya benci yang paling berbahaya. Cemburu yang tidak wajar berbeda jauh sifatnya dengan cemburu yang sering dianggap sebagai bumbu sebuah hubungan. ”Cemburu paling berbahaya karena bisa membuat seseorang dikontrol oleh emosinya, bukan logikanya,” ujarnya.

Pertahanan diri

Dasar cinta adalah memberi rasa tenang dan bahagia. Jika rasa itu terancam, seperti hadirnya cemburu atau rasa dikhianati karena diselingkuhi, maka otak dengan cepat membentuk sistem pertahanan diri untuk menjaga rasa tenang dan bahagia tetap ada. Respons pertahanan diri itu berupa bertarung menghadapi ancaman (fight) atau melarikan diri (flight).

Saat sistem pertahanan diri terbentuk, hormon kortisol sebagai penanda stres diproduksi. Energi dalam diri pun terpusat hingga tubuh siap melakukan tindakan fisik, baik itu memukul maupun berlari.

Ketika energi terpusat, seseorang bisa melakukan hal-hal yang tak mungkin dilakukan dalam kondisi normal, seperti melompati tembok tinggi hingga membunuh orang dengan sadis.

”Respons bertarung ini merupakan respons binatang yang masih ada dalam diri manusia ketika berevolusi,” katanya.

Namun, cara bertarung tidak selalu mewujud dalam tindakan kasar. Perilaku kekerasan, seperti memukul, menendang, hingga membunuh biasanya ditunjukkan oleh mereka yang logikanya tidak terbentuk alias tidak terdidik baik. Jika logika berjalan, yang muncul adalah kata-kata makian hingga pengusiran.

Peneliti Pusat Kesehatan Mental Masyarakat, Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada, Rahmat Hidayat, mengatakan, ketika cinta begitu posesif hingga tak mampu membedakan antara diri sendiri dan orang lain, maka rasa kehilangan yang muncul akan menjadi akut.

Ketakutan akut inilah yang mendorong muncul kekejian karena tindakan yang diambil hanya didasarkan atas pilihan menghilangkan atau kehilangan.

Kekejian tindakan yang dilakukan seseorang sangat bergantung pada kematangan kontrol diri. Seseorang yang emosinya matang jika marah tidak akan bersikap seperti anak-anak, seperti membanting benda-benda di sekitarnya. Mental pelaku mutilasi yang umumnya belum berkembang membuat mereka mudah membunuh, bahkan memotong tubuh orang yang pernah dicintai.

”Berubahnya tatanan kehidupan membuat banyak anak terlambat mengalami kematangan psikologis. Pada saat bersamaan, kematangan seksual justru terjadi lebih cepat,” katanya.

Psikiater dan Ketua Jejaring Komunikasi Kesehatan Jiwa, Pandu Setiawan, Senin (11/3), mengatakan, pola pertahanan diri tiap orang sangat bergantung pada pola asuh dan tumbuh kembang sejak kecil. Selain faktor biologis dan psikologis, kematangan jiwa juga ditentukan oleh kondisi sosial.

Perilaku pelaku mutilasi yang menyimpang dari norma sekitarnya umumnya sudah terdeteksi. Namun, masyarakat sekitarnya umumnya tidak peduli karena menganggap bukan urusan mereka.

Selain itu, pelaku bisa melakukan tindakannya karena ada model. Inilah yang membuat tayangan kekerasan perlu dibatasi agar tak justru mendorong seseorang berbuat keji.

Mereka yang menunjukkan respons bukan dengan kekerasan, kata Taufiq, bukan berarti lemah. Orang itu justru mampu memperhitungkan untung rugi, benar salah, konsekuensi hukum, hingga penghormatan atas moral dan nilai.

”Sayangnya, anak Indonesia tidak dididik membuat keputusan berdasar logika. Keputusan yang diambil lebih banyak didasarkan atas naluri,” ujarnya. Inilah yang membuat kasus-kasus mutilasi di Indonesia lebih mudah terungkap dibanding kasus serupa di luar negeri.




Kamis, 14 Maret 2013

Andy Rubin, "Si Gila" di Balik Androi






KOMPAS.com - Andrew "Andy" Rubin bolehlah dijuluki "Bapak Android". Ia merupakan pendiri Android Inc., yang kemudian dibeli Google dan "meledak" jadi sistem operasi smartphone laris.

Sempat jadi Kepala Sistem Operasi Android di Google, Andy telah mengundurkan diri dari posisi itu. Meskipun demikian ia dikabarkan masih di Google, menjabat posisi yang belum diumumkan.

Salah satu kalimat Rubin tentang Android yang terkenal adalah: “Kami tidak sedang membuat sebuah ponsel Google; kami memungkinkan ribuan orang untuk membuat ponsel Google!”

Kalimat itu seakan menegaskan filosofi di balik ponsel Android. Terbukti, sekarang ada banyak jenis ponsel, tablet dan bahkan kamera yang menjalankan sistem operasi Android.

Karir Rubin di Google dimulai sejak 2005, saat Android Inc dilahap oleh Google. Namun, sebelum itu, Rubin ternyata sudah pernah bersinggungan dengan Apple dan Microsoft, dua raksasa yang sekarang juga bersaing dengan Google di arena smartphone.

Masuk Apple dari Pantai

Sejak kecil, Rubin sudah terbiasa melihat banyak gadget-gadget baru. Ini karena ayahnya, seorang psikolog yang banting setir ke bisnis direct marketing, menyimpan produk elektronik yang akan dijualnya di kamar Rubin.

Ia memiliki minat besar pada segala hal berbau robot. Di Carl Zeiss A.G., tempat pertama kali ia bekerja setelah lulus kuliah, Rubin berada di sebuah divisi robotika, tepatnya pada komunikasi digital antara jaringan dengan perangkat pengukuran dan manufaktur.

Setelah dari Carl Zeiss, ia sempat bekerja di bidang robot di sebuah perusahaan di Swiss. Karir Rubin di bidang robotika nampaknya semakin cerah, namun hidupnya berubah gara-gara liburan di Cayman Island tahun 1989.

Saat sedang mengunjungi kepualuan tropis di Jamaika itu, Rubin tak sengaja bertemu dengan seorang bernama Bill Caswell. Pria ini sedang tidur di tepi pantai, terusir dari sebuah cottage setelah bertengkar dengan pacarnya.

Andy menawarkan pria itu tempat tinggal dan sebagai balas budi, Casswell menawarkannya pekerjaan. Kebetulan, pria itu bekerja di Apple.

Di Apple, Rubin mengalami masa-masa yang menyenangkan. Pada saat itu, Apple masih dalam kondisi baik berkat komputer Macintosh.

Budaya Apple pun menular pada diri Rubin, di sana ia sempat melakukan kejahilan seperti memprogram ulang sistem telepon sehingga ia bisa berpura-pura sebagai sang CEO, John Sculley.

Lelucon seperti itu mungkin akan disukai Steve Jobs, pria yang gemar membuat lelucon lewat telepon, namun ketika itu adalah periode Apple tanpa Jobs.

"Dilempar" ke General Magic

Dari bagian manufaktur, Rubin pindah ke bagian riset di Apple. Kemudian, pada 1990, Apple melakukan spin off untuk membentuk sebuah perusahaan bernama General Magic dan Rubin ikut di dalamnya.

General Magic berfokus pada pengembangan perangkat genggam dan komunikasi. Para engineer yang gila kerja, termasuk Rubin tentunya, berhasil mengembangkan sebuah piranti lunak bernama Magic Cap.

Sayangnya, Magic Cap tidak mendapat sambutan dari perusahaan handset dan telekomunikasi. Beberapa yang menerapkan Magic Cap hanya melakukannya sebentar. General Magic pun akhirnya hancur.

Beberapa pengembang di General Magic, bersama beberapa veteran Apple, kemudian mendirikan Artemis Research. Perusahaan ini mengembangkan sesuatu bernama webTV, sebuah upaya awal untuk menggabungkan internet dengan televisi.

"Mampir" ke Microsoft

Rubin bergabung dengan Artemis untuk ikut mengembangkan webTV tersebut. Saat Microsoft membeli Artemis, di 1997, Rubin pun ikut bergabung dengan perusahaan raksasa itu.

Episode gila khas Rubin kembali terjadi di Microsoft. Rubin membangun sebuah robot yang dilengkapi kamera untuk mengerjai rekan-rekannya. Gilanya, robot itu terhubung ke internet dan pada satu insiden sempat dibobol oleh pihak di luar Microsoft.

Pada 1999, Rubin keluar dari webTV (dan artinya, ia tak lagi menjadi karyawan Microsoft). Ia kemudian menyewa sebuah toko di Palo Alto, California, dan menyebut toko itu sebagai laboratorium.

Di tempat yang penuh dengan berbagai mainan robot koleksi Rubin, lahirlah sebuah ide untuk produk baru. Bersama beberapa rekannya, Rubin kemudian mendirikan Danger Inc.

Sukses Awal dengan Sidekick

Sukses diraih Danger melalui sebuah perangkat bernama Sidekick. Aslinya, perangkat ini dinamai Danger Hiptop, namun di pasaran ia dikenal sebagai T-Mobile Sidekick.

“Kami ingin membuat sebuah perangkat, kira-kira seukuran batang cokelat, dengan harga di bawah 10 dolar dan bisa digunakan untuk men-scan sebuah benda dan mendapatkan informasi soal benda itu dari internet. Lalu, tambahkan perangkat radio dan transmiter, jadilah Sidekick,” tutur Rubin soal Sidekick.

Saat ini, Sidekick memang sudah terlihat usang, namun pada masanya, Sidekick adalah sebuah benda yang ganjil dengan konsep teknologi yang melampaui jaman.

Perangkat itu, menurut Rubin, merupakan pengakses data dengan kemampuan telepon. Ketika muncul di pasaran, Sidekick harus menghadapi kenyataan bahwa PDA sedang kehilangan pasar. Namun Rubin menegaskan bahwa Sidekick bukanlah PDA.

“Seharusnya, orang-orang bukan bertanya apakah ini PDA atau ponsel. Mereka harusnya bertanya, apakah ini platform untuk pengembang pihak ketiga? Ini adalah hal yang baru. Ini adalah untuk pertamakalinya sebuah ponsel dijadikan platform untuk pengembang pihak ketiga,” kata Rubin.

Sekarang, apa yang dikatakan Rubin bukan hal aneh lagi. Lihat saja Apple dengan jutaan aplikasi pihak ketiga yang hadir di iPhone.

Hal lain yang dilakukan Danger, yang pada masa itu belum terpikirkan, adalah menjembatani antara pembuat handset dengan penyedia jaringan. Danger memutuskan untuk berbagi keuntungan dengan T-Mobile dalam layanan Sidekick.

Dengan demikian, Danger tak mengandalkan penjualan handset sebagai sumber penghasilan satu-satunya, namun juga dari layanannya. Ini membuat perusahaan pembuat perangkat (Danger) memiliki tujuan yang sama dengan penjual perangkat (operator telekomunikasi T-Mobile).

Dicaplok Microsoft

Rubin meninggalkan Danger pada 2004. Pada 2008, perusahaannya itu dibeli oleh Microsoft.

Sang Raksasa rupanya tertarik untuk memasuki bisnis ponsel dengan lebih agresif lagi. Nilai yang ditawarkan pun tidak tanggung-tanggung, menurut kabar yang beredar Microsoft membeli Danger dengan harga 500 juta dolar.

Namun, pembelian Danger oleh Microsoft ternyata tidak membawa hasil yang berbunga-bunga. Para eksekutif yang tersisa dari Danger digabungkan oleh Microsoft ke dalam Mobile Communication Business, dari divisi Entertainment dan Devices.

Kemudian, mereka diminta mengembangkan sebuah ponsel yang dikenal dengan sebutan Project Pink. Targetnya, ponsel ini harusnya bisa menjadi pesaing iPhone, BlackBerry dan Android.

Gagalnya Project Pink

Menurut ComputerWorld, Project Pink menderita penyakit klasik di sebuah perusahaan besar. Karena proyeknya cukup bergengsi, ia diperebutkan oleh beberapa pihak. Dan lebih parahnya lagi, perkembangannya makin melenceng dari yang diinginkan.

Contohnya, awalnya ponsel itu akan dikembangkan dengan basis Java namun kemudian diminta untuk menggunakan sistem operasi Microsoft. Sayangnya, Windows Phone 7 yang seharusnya bisa digunakan untuk Project Pink, belum siap.

Walhasil, saat diluncurkan, ponsel yang akhirnya bernama Microsoft Kin ini menggunakan sistem operasi Windows untuk ponsel yang 'lawas'. Sambutan pasar yang dingin pun membuat Kin akhirnya harus ditutup, hanya beberapa bulan sejak diluncurkan.

Nasib layanan Sidekick, yang diwarisi Microsoft dari Danger, juga tak terlalu baik. Dalam satu insiden, yang masih belum diketahui pasti apa penyebabnya, pelanggan Sidekick tiba-tiba kehilangan semua data mereka.

Satu yang perlu diketahui, semua data pada Sidekick memang disimpan 'di awan' (dalam hal ini pada server yang dikelola Microsoft dan bisa diakses melalui internet). Nah, ketika server itu mengalami gangguan, semua data pengguna Sidekick pun lenyap.

Memikat Pendiri Google

Pada awal 2002, Rubin sempat memberikan sebuah kuliah di Stanford mengenai pengembangan Sidekick. Karena, meski penjualan Sidekick di pasaran tak meledak perangkat itu dinilai cukup baik dari sisi engineering.

Sebuah kebetulan bahwa Larry Page dan Sergei Brin, pendiri Google, ikut hadir dalam kuliah tersebut. Selepas kuliah, Page menemui Rubin untuk melihat Sidekick dari dekat.

Rupanya, Page melihat, perangkat itu menggunakan mesin cari 'Google'. “Keren,” ujar Page.

Ini adalah sebuah titik tolak bagi Page untuk sebuah ide yang dalam beberapa tahun kemudian akan terwujud: sebuah ponsel Google.

Mendirikan Android

Kurang lebih dua tahun setelah itu, Rubin telah meninggalkan Danger dan mencoba melakukan hal-hal baru. Termasuk di antaranya mencoba memasuki bisnis kamera digital sebelum akhirnya ia mendirikan Android.

Rubin menginkubasi Android saat ia menjadi enterpreneur-in-residence bersama perusahaan modal ventura Redpoint Ventures di 2004. “Android berawal dari satu ide sederhana: sediakan platform mobile yang tangguh dan terbuka, sehingga bisa mendorong inovasi lebih cepat demi keuntungan pelanggan,” ujar Rubin.

Pada Juli 2005, 22 bulan setelah Android berdiri, perusahaan itu ditelan oleh raksasa Google. Rubin pun memilih untuk bergabung dengan Google.

Ketika membeli Android Inc., Google tidak menyebutkan dengan rinci berapa harga yang dibayarkan dan apa yang ingin dilakukannya dengan perusahaan itu. Bahkan, Google menyebut pembelian itu sebagai akuisisi terhadap sumber daya manusia dan teknologinya saja.

Selain Andy Rubin, Google memang meraup banyak orang-orang brilian dari Android. Ini termasuk Andy McFadden (pengembang WebTV bersama Rubin, dan juga pengembang Moxi Digital); Richard Miner (mantan Vice President di perusahaan telekomunikasi Orange); serta Chris White (pendiri Android dan perancang interface WebTV).

Revolusi Robot Hijau

Bersama Google, Android diberi kekuatan ekstra. Perusahaan asal Mountain View, California, itu kemudian membentuk Open Handset Alliance untuk mengembangkan perangkat bagi Android.

“Google tak bisa melakukan segalanya. Dan kami tidak perlu. Itulah mengapa kami membentuk Open Handset Alliance dengan lebih dari 34 rekanan,” ujar Rubin.

Perangkat Android yang hadir pasaran memang bukan buatan Google. Petarung kelas berat Android termasuk Motorola, Samsung dan HTC yang masing-masing melemparkan ponsel Android andalan mereka ke pasaran.

“Sekadar melemparkan piranti lunak tidaklah cukup,” Rubin menjelaskan, “Anda perlu handset yang dikembangan untuk piranti lunak ini dan penyedia jaringan yang mau memasarkannya.”

Seperti kata Larry Page, saat mengumumkan mundurnya Rubin dari jabatannya, awalnya banyak orang menganggap Rubin "gila".

"Ia percaya menerapkan standar dengan memanfaatkan sistem operasi Open Source akan mendorong inovasi di industri mobile. Kebanyakan orang saat itu menganggap ia gila. Tapi kami (pendiri Google, Page dan Brin-red.)sepakat dengan pemikirannya," ujar Page.

Saat ini, kata Page, Android adalah sistem operasi mobile paling banyak digunakan di dunia. Rekanannya di dunia mencapi 60-an pemanufaktur, ada 750 juta perangkat yang telah diaktifkan dan 25 miliar unduhan aplikasi di Google Play.

"Pencapaian yang melebihi ambisi gila kami saat mengembangkan Android pada awalnya," kata Page.

Apakah kiprah "Bapak Android" berikutnya? Page berharap Andy Rubin akan memulai babak baru di Google. Ia pun berharap Rubin akan banyak melontarkan proyek gila lainnya, istilah yang disukai Page: moonshot.

"Andy, more moonshots please!" kata Page.


Rabu, 13 Maret 2013

Cikal Bakal iPhone Lebih Mirip PC Ketimbang Ponsel




KOMPAS.com - Awal tahun 2005, "iPhone" adalah sebuah layar sentuh besar berukuran 5x7 inci (12,7 x 17,7 cm) yang dijejali berbagai macam konektor seperti ethernet, USB, bahkan port serial. Bentuknya pun lebih mirip komputer dibandingkan sebuah telepon genggam.

Itulah prototipe awal smartphone bikinan Apple yang meluncur ke pasaran pada 2007. Purwarupa antik tersebut diperkenalkan ke Ars Technica oleh seorang mantan pegawai Apple.

Aneka macam konektor komputer yang bisa ditemukan di alat itu, menurut sang mantan pegawai, hanya ditanamkan di sana agar mempermudah proses pengumpulan data untuk keperluan pengujian.




"Ketika itu tak ada seorang pun yang tahu seperti apa bentuk akhir smartphone ini nantinya," ujar sumber anonim yang terlibat dalam berbagai macam proyek hardware Apple sejak awal 2000 ini, sebagaimana dikutip dari Ars. Proses pengembangan produk Apple memang kerap berubah-ubah.

Prototipe tersebut menggunakan prosesor berbasis ARM Samsung S3C2410 berkecepatan 200-233 MHz, sepupu jauh dari prosesor yang tertanam di iPhone generasi pertama.




Adapun iPhone generasi pertama menggunakan prosesor 612 MHz yang dikurangi kecepatannya menjadi 412 MHz.

Apple sudah menggunakan komponen buatan Samsung sejak dulu, bahkan selagi iPhone masih belum berwujud telepon genggam. Selain itu, purwarupa tersebut juga menunjukkan bahwa Apple sudah tahu persis ke mana hendak mengarahkan pengembangan iPhone, dua tahun sebelum peluncuran resminya.


Selasa, 05 Maret 2013

Majapahit Kembangkan Maritim

JAKARTA, KOMPAS.com--Majapahit adalah kerajaan agraris yang mengembangkan kemaritiman secara luas di Nusantara dan pengaruhnya mencapai wilayah Asia Tenggara. Sampai sekarang, para ahli sejarah ataupun arkeologi terus mencari bukti-bukti bahwa Majapahit memiliki armada laut yang kuat.

Hal itu mengemuka dalam diskusi bertema ”Apakah Betul Majapahit Negara Maritim?”, Jakarta, Jumat (1/3). Tema itu merupakan bagian dari tema besar diskusi dua bulanan yang mengangkat persoalan tentang Maritim dan Rempah pada Masa Kolonial dan Post Kolonial. Diskusi rutin tersebut diadakan dalam rangka Road to Borobudur Writer and Cultural Festival, November 2013.

Susanto Zuhdi, ahli sejarah maritim; Agus Aris Munandar, arkeolog dari Universitas Indonesia; dan Irawan Nugroho, filolog dari Universitas Gadjah Mada yang menulis buku Majapahit Negara Maritim, hadir sebagai pembicara.

Agus mengatakan, Majapahit memiliki pejabat tinggi di bidang kemaritiman. Aktivitas Majapahit yang membuktikan berkembangnya bidang kemaritiman pada kerajaan tersebut justru datang dari luar Jawa, Kalimantan, Bali, Sumatera, dan Semenanjung Malaysia.

Irawan Nugroho mengatakan, sejarah maritim Majapahit dan Jawa hancur bukan oleh Eropa, tetapi oleh bangsa sendiri yang apriori terhadap maritim.

Kerajaan di Jawa merupakan perintis perdagangan hingga ke China. Kerajaan di Jawa juga merintis teknologi untuk mencapai daratan China.

Susanto Zuhdi menambahkan, selama ini sejarah mencatat Majapahit sebagai kerajaan daratan. Buku karya Irawan Nugroho yang mengulas tentang Majapahit sebagai kerajaan maritim patut diapresiasi. (IND)


Senin, 04 Maret 2013

60% aplikasi gratis di iOS curi info pribadi

Sistem operasi iOS yang selama ini dikenal tertutup dan kuat dari segi keamanan pun ternyata bisa rentan dari pencurian informasi. Bahkan menurut laporan, aksi di iOS lebih tinggi dari Android.

Laporan yang dikeluarkan perusahaan keamanan Appthority menyebutkan bahwa aplikasi gratisan di iOS yang menjadi 'biang kerok' pencurian informasi personal.

Dikutip detikINET dari Cult of Mac, Senin (4/3/2013), aplikasi gratisan yang mencuri data di iOS lebih tinggi dari yang ada di Toko Aplikasi Android, Google Play Store.

Appthority mencatat, 60% dari 10 besar aplikasi gratis di App Store bisa mengumpulkan data pribadi pengguna yang diberikan ke pihak ketiga, atau yang biasanya adalah pengiklan.

Di Android pun sebetulnya juga terjadi, namun dari hasil analisis 10 besar aplikasi gratis untuk Android 'hanya' 50% saja yang terbukti mengambil data pribadi milik pengguna.

Laporan itu menemukan fakta bahwa 60% dari aplikasi iOS mengumpulkan data berbasis lokasi, dibandingkan dengan 42% dari aplikasi Android. Sedangkan 54% dari aplikasi iOS masuk tanpa izin ke daftar kontak, di mana lebih kecil dibandingkan dengan 20% pada Android.

Menurut data juga, 100% dari aplikasi iOS mengirim data terenkripsi ke jaringan iklan, sedangkan dalam kasus Android, ini adalah 92%.

Untuk itulah Appthority meminta agar pengguna melindungi informasi personalnya dengan tak sembarang mengizinkan aplikasi mengakses ke iPhone. Walaupun kaitannya ini tidak masuk melalui virus.