Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumat, 07 Desember 2012

Lomba Senjata Nuklir Muncul Lagi

MOSKWA, KOMPAS.com — Mantan pemimpin Uni Soviet, Mikhail Gorbachev, dikenal sebagai tokoh yang mengakhiri Perang Dingin sekaligus juga mengakhiri lomba senjata nuklir, antara blok negara-negara Barat yang dimotori Amerika Serikat dan Blok Timur yang dimotori bekas Uni Soviet. Gorbachev kemarin menegaskan, dunia kini memasuki lomba senjata nuklir baru.

Gorbachev kepada Moscow Times di Moskwa, Rusia, sebagaimana dikutip kantor berita AP hari Jumat (7/12/2012), melaporkan, upaya untuk mengurangi lomba senjata nuklir semakin melambat, sementara kekuatan nuklir baru bermunculan, seperti Korea Utara.

"Kita mulai melupakan tujuan sebuah dunia yang bebas senjata nuklir," ujar Gorbachev.

Gorbachev diwawancarai berkaitan dengan peringatan 25 tahun Pakta Kekuatan Nuklir Jarak Menengah, yang dia tandatangani bersama Presiden Amerika Serikat Ronald Reagan. Pakta ini secara luas diwarnai dengan mulai berakhirnya Perang Dingin yang sudah ada sejak tahun 1945.

Pakta Pengurangan Senjata Nuklir yang pertama dilakukan setelah runtuhnya Uni Soviet tahun 1991. Namun, pakta baru soal pengurangan senjata nuklir ini tak pernah ditandatangani sampai tahun 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar