Wikipedia

Hasil penelusuran

Selasa, 14 Mei 2013

Mbah Google mikir

CALIFORNIA – Setiap bulannya Google memproses 100 miliar query dan menampilkan hasilnya dengan kecepatan mikrodetik. Namun, rupanya raksasa mesin pencari (search engine) ini harus berpikir lebih keras untuk dapat menampilkan hasilnya sesuai dengan kata kunci yang dicari.

Pasalnya, setiap hari ada sekira 15 persen atau 500 juta permintaan pengguna belum pernah terlihat atau dikenal oleh perusahaan yang sudah berdiri selama hampir 15 tahun ini. “Kita harus memecahkan masalah ini,” ungkap seorang desainer utama Google Search, John Wiley dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg TV seperti dikutip CNet, Selasa (14/5/2013).

Dalam proses pencarian kata kunci yang dimasukkan ke dalam mesin pencari dan belum dikenal sebelumnya, Google harus merayapi 20 miliar situs per hari. Grafik pengetahuan (Knowledge Graph) adalah bagian terpenting dari pencarian Google untu memberikan jawaban atau hasil.

Sebab, ini merupakan database besar untuk memahami koneksi antar entitas (satuan yang berwujud) seperti topik, orang dan peristiwa layaknya neuron pada otak manusia. Menurut perhitungan Google,Knowledge Graph sendiri memiliki lebih dari 570 juta entitas dan 18 miliar fakta tentang koneksi antar masing-masing dari mereka.

Disamping itu, Knowledge Graphmerupakan bagian integeral dari Google Search untuk dapat mengurai makna dari permintaan baru dan mampu memberikan hasil yang lebih tepat dibandingkan pencari tradisional. Misalnya saja, pengguna memasukkan kata kunci “tempat terbaik untuk melihat raja”, maka Knowledge Graphakan menggabungkan semua informasi yang diketahuinya tentang berbagai jenis raja.

Meski sedemikian hebatnya mesin pencari ini, Google tetap mengakui bahwa sebenarnya pengetahuan dari Knowledge Graph masih jauh lebih kecil dibandingkan dengan otak manusia yang memiliki 100 miliar neuron dan 100 triliun sinapsis.

Knowledge Graph memiliki cakupan yang lebih baik mengenai orang, tempat, benda dan peristiwa. Akan tetapi, kami masih belum banyak mengetahui banyak hal lainnya. Kami hanyalah sebesar satu persen saja,” kata direktur teknik Knowledge Graph, John Giannandrea.

Jadi diperkirakan jumlah permintaan pengguna sebesar 15 persen per harinya ditujukan kepada Google, namun ia hanya memiliki solusi Knowledge Graph sebesar satu persen saja untuk meng-cover. Sehingga, pihaknya merasa Google masih memiliki “PR” yang harus dikerjakan dan diselesaikan segera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar