Wikipedia

Hasil penelusuran

Minggu, 03 Februari 2013

China siap jual reaktor nuklir

China siap mengekspor reaktor nuklir buatannya sendiri ke negara-negara di dunia. Reaktor nuklir yang dikenal dengan CAP1400 ini siap dijual pemerintah China melalui lembaga khusus yakni State Nuclear Power Technology Corp.

CAP1400 ini dibuat berdasarkan standar reaktor AP1000 yang merupakan reaktor nuklir tercanggih generasi keempat.

China sendiri telah memiliki 'intellectual property rights' atau izin khusus untuk CAP1400 yang memungkinkan melakukan ekspor reaktornya ke seluruh dunia.

"Teknologi ini di bawah pengawasan dan evaluasi khusus dari National Energy Bureau. Uji coba reaktor nuklir ini akan dilakukan di akhir 2013," ungkap Presiden State Nuclear Power, Gu Jun dalam konferensi persnya yang dilansir China Daily, Senin (4/1/2013).

Vice President State Nuclear Power, Ma Lu menambahkan, penawaran untuk diekspor sudah bisa dilakukan setelah mendapatkan lisensi 'green light' dari otoritas setempat.

"Seperti di Afrika Selatan nantinya diekspor. State Nuclear Power nantinya bisa memasarkan disana," tutur Lu.

Sebelumnya diberitakan, China telah menyiapkan US$ 476 juta atau 3 miliar yuan untuk proyek pembangkit listrik tenaga nuklir. Proyek tersebut menjadi yang pertama di dunia karena menggunakan reaktor generasi keempat untuk digunakan secara komersial.

China memang mempercepat pengembangan tenaga nuklir setelah sempat terhenti akibat krisis nuklir Fukushima di Jepang di 2011.

Proyek yang berlokasi di Shidao Bay, Rongcheng, China Timur ini telah dimulai sejak bulan lalu. Dengan memasukkan fitur generasi keempat sistem energi nuklir, nantinya pembangkit ini mampu menghasilkan kapasitas hingga 200 megawatt (MW). Diharapkan pada 2017 nanti sudah bisa menghasilkan tenaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar